Powered by Blogger.

Blog Archive

23/05/2017

Alasan Amerika Serikat disebut Paman Sam

  Dramaqi       23/05/2017



Kita pati sering mendengar ungkapan bahwa Amerika Serikat adalah negeri '' Paman Sam ''. Sebenarnya, asal mula julukan untuk negara adikuasa tersebut diambil dari nama seorang lelaki asal Massachusetts yang bernama Samuel Wilson.



Pasti kalian befikir apasih yang dilakukan oleh Samuel sehingga namanya menjadi sangat terkenal dan menjadi sebuah simbol? Ayo simak terus kisahnya!



Samuel Wilson lahir pada tanggal 13 September 1766 di Massachusetts, Amerika Serikat. Pada umur 14 tahunia mendaftar sebagai seorang sukarelawan dan berjuang sebagai tentara untuk membela negaranya.



Namun setelah dewasa ia berhenti menjadi tentara dan memilih untuk membuka usaha daging kemasan. Samuel pun terkenal sebagai penyuplai daging untuk kesatuan tentara Ameika.



Untuk menyuplai daging, Samuel mengemaskan dalam tong-tong kayu dan selalu diberi cap yang bertulisan ''U.S'' yang artinya tentu saja adalah United States (Amerika Serikat). Namun rupanya dilingkungan tentara tersebut, orang-orang lantas suka bercanda bahwa arti dari inisial U.S adalah Uncle Sam, yang bearti Paman Sam (di ambil dari nama Samuel) sang penyupai daging.





Image: http://media.viva.co.id



Seiring berjalannya waktu, julukan Paman Sam ini menjadi populer dengan cepat di kalangan tentara dan pejuang, hingga menarik perhatian para jurnalis yang kemudian menulisnya dikoran-koran Amerika.



Tak ketinggalan pula seorang kartunis terkenal Amerika itu, Thomas Nast menggambarkan sosok Paman Sam dengan figur seorang lelaki tua yang berjenggot putih, mengenakan baju bermotif bintang dan garis (pola bendera Amerika Serikat).



Dengan demikian, hingga saat ini Amerika pun dikenal pula dengan sebutan negara Paman Sam, berkat Samuel Wilson si penyuplai daging kemasan. Samuel Wilson meninggal pada usia 88 tahun dan dimakamkan di New York sehingga kota tersebut juga mempunyai sebutan yaitu '' Rumah Paman Sam ''. Begitulah klimaks cerita tentang asal-usul sebutan Paman Sam untuk negara Amerika Serikat.
logoblog

Thanks for reading Alasan Amerika Serikat disebut Paman Sam

Previous
« Prev Post