Powered by Blogger.

Blog Archive

10/02/2016

Waspadai Bawa Bekal Makanan dengan Wadah Plastik

  Dramaqi       10/02/2016



MEMBAWA bekal dari rumah memang sehat. Tapi kalau wadahnya menggunakan bahan plastik berbahaya sama saja tidak berguna.
Dilansir Boldsky, Rabu (10/2/2016), berikut empat alasan mengapa Anda dilarang menggunakan wadah plastik di saat membawa bekal makanan atau disuguhkan di meja makan yang juga harus diwaspadai.
Mengandung bisphenol A

Bisphenol A atau dikenal BPA umumnya digunakan dalam plastik berbobot ringan atau keras, seperti botol air atau botol susu bayi. BPA, bahkan ditemukan dalam kaleng makanan. Menurut sebuah studi yang dilakukan, BPA memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes, penyakit jantung dan racun hati.
Adanya phthalates

Phthalates ditemukan dalam berbagai macam bahan seperti pipa PVC dan parfum. Kandungan berbahaya ini akan memengaruhi produksi hormon testosteron dan sistem reproduksi laki-laki. Menurut penelitian, hal itu dapat masuk ke tubuh kita dari berbagai macam kemasan. Bahkan, dapat pula terakumulasi dalam tanaman pangan atau ternak pangan yang kita makan.
Alat masak teflon

Wajan teflon memang sangat disukai ibu-ibu karena tidak membuat wajan lengket. Tapi, penelitian telah mengungkapkan bahwa alat masak teflon berbahaya saat terkena suhu yang sangat tinggi. Diketahui, pelapis teflon dapat melepaskan zat berbahaya dalam makanan. Sehingga, ini akan memengaruhi nutrisi makanan yang Anda lahap, meski dalam kondisi fresh.
Hindari wadah plastik
Jangan menggunakan peralatan masak atau makan yang terbuat dari plastik. Apalagi bila dipanaskan bisa mentransfer sejumlah besar bahan berbahaya ke dalam makanan Anda. Sebaliknya, memilih peralatan masak yang terbuat dari stainless steel atau kaca. Ini adalah solusi yang sehat untuk kesehatan dan tetap menjaga nutrisi Anda.
logoblog

Thanks for reading Waspadai Bawa Bekal Makanan dengan Wadah Plastik

Previous
« Prev Post