Menguliti setiap sisi dari bisnis online
saat ini memang sangat menarik. Bagaimana tidak, tren konsumen yang
perlahan sudah bergeser pada belanja secara online membuat potensi dan
peluangnya semakin membesar. Potensialnya bisnis daring atau online ini
akhirnya membuat bidang yang berkembang untuk dijadikan bisnis online
pun makin meluas. Salah satu bidang usaha online yang memiliki potensi
apik dalam perkembangannya adalah produk aksesoris fashion. Dalam hal
ini jual-beli sepatu dan tas bisa menjadi pilihannya.
Kebutuhan untuk tetap tampil cantik
dengan aksesoris fashion membuat produk sepatu dan tas akan tetap
menjadi barang yang banyak dicari dan diminati di dunia online. Dari
sinilah kemudian Julia Famor dan rekannya mendirikan Adoramora, sebuah toko online
yang menghadirkan beragam pilihan tas dan sepatu yang menarik. Setelah
empat tahun berdiri, kini toko online Adoramora bisa mencapai sukses
dengan mencapai penjualan yang fantastis dan mencapai kalangan artis.
Lalu seperti apakah kisah Julia Famor dan teman-temannya dalam merintis
Adoramora hingga sukses seperti sekarang ini? Berikut ulasannya.
Usaha Awal Pendirian Adoramora
Saat pertama kali mendirikan Adoramora
pada tahun 2012 silam, Julia Famor dan rekannya harus berjuang dan
bekerja keras degan tekun. Pasalnya pada awal-awal berdirinya toko
online ini mereka hanya mampu mendapatkan sedikit order atau pesanan
yaitu hanya sekitar 10-15 order per bulan. Dari sini Julia dan
kawan-kawannya sempat mendapati rasa putus asa.
Namun karena keinginan mewujudkan
impiannya, maka Julia dan kawan-kawan pun memutuskan untuk tak
terus-terusan larut dalam rasa putus asa. Mereka pun bergerak dan
kembali bekerja keras untuk bisa menjadikan nama Adoramora melambung
tinggi.
Bangkit dan Berjuang dengan Gigih
Untuk mendongkrak penjualan yang selama
ini menjadi kendala, mereka pun berani berkorban dengan mengeluarkan
dana. Dana yang dikeluarkan ini digunakan untuk promosi
toko online-nya dengan memasang iklan via media sosial Facebook. Selain
menggalang dana untuk iklan di media sosial mereka juga rajin melakukan
posting produk-produk yang unik.
Mereka juga semakin agresif memasang foto-foto produknya yang menarik di
Twitter dan Instagram. Foto-foto yang dipajang di Twitter dan Instagram
pun tak sekadar foto produk layaknya katalog. Dan lebih hebatnya lagi
mereka juga tak ragu untuk meng-endorse atau menggandeng artis untuk
mempromosikan produk-produk yang dijualnya. Dengan banyaknya pengorbanan
dan perjuangan yang dilakukan inilah maka Andoramora menjadi toko
online yang berbeda berbeda dengan toko online lainnya. Sebab selain ada
artis, di setiap harinya, Andoramora selalu mampu menghadirkan produk
baru untuk diposting di Instagram miliknya.
Perkembangan Usaha dan Pencapaian Adoramora
Walhasil dari seluruh pengorbanan dan
perjuangan serta kerja kerasnya membangun Andoramora selama 4 tahun,
kini Julia Famor dan rekan-rekannya sudah bisa memetik buah manisnya.
Dari penjualan yang hanya beberapa puluh dalam satu bulan, kini
penjualan melesat.
Dari penjualan yang melesat ini maka
keuntungan atau omset yang diraup pun juga mengalami peningkatan yang
signifikan dengan mengantongi Rp 300 juta perbulan. Meskipun bisa
dibilang telah sukses namun Julia masih memiliki target untuk bisa lebih
sukses lagi. Targetnya sendiri yang ditetapkan tahun ini adalah
mengincar kenaikan omset hingga 1,2-2 kali lipat. Caranya Julia akan
mengincar produk yang tengah menjadi hits di dalam dan luar negeri.
Tips Sukses: Jadikan Foto Produk Menjadi Senjata Andalan
Menurut Julia salah satu trik yang
dijalankan untuk bisa mencapai sukses seperti sekarang ini adalah dengan
menjadikan foto produk sebagai senjata andalan untuk promosi. Ya dalam
bisnis online yang produknya tak bisa disentuh, pebisnis memang harus
mampu menghadirkan foto yang menarik. Di sinilah dan dengan teknik
inilah Adoramora yang kini juga menawarkan tas dan sepatu pria hingga
anak-anak dan beragam aksesoris cantik bisa meningkatkan penjualan.
Bicara nama Adoramora memang terdengar
sangat unik dan menarik. Menurut Julia nama Andoramora diilhami dari
kata adore dengan harapan toko online-nya bisa dikagumi dan disukai
banyak orang. Sedangkan kata mora sendiri diambil dari nama belakangnya
yaitu Julia. Saat menjalankan Adoramora, Julia merasa senang ketika ada
artis seperti Afgan, Cut Mini, Alice Norin yang berbelanja di tempatnya.
“Dan yang lebih membanggakan lagi ternyata akun Instagram Adoramora
di-follow oleh mereka” katanya.